Our Blog

Raja Silahisabungan

Ribuan Turunan Raja Silahisabungan Sidikalang Hadiri Pesta Partangiangan Bona Taon

Mar 21, 2007 at 08:08 AM

Sidikalang (SIB)

Ribuan turunan Raja Silahisabungan Sidikalang sekitarnya hadiri pesta partangiangan bona taon di Gedung Olah Raga, Senin (19/3).

Ir Tagor Sinurat MSc Ketua Umum Pesta Partangiangan Bona Taon mengatakan, tujuan partangiangan untuk menyatukan persepsi tentang pentingnya pemeliharaan adat dan budaya serta membina persaudaraan sesama keturunan Silahisabungan.

Disebutkan, duduknya Sudi Silalahi menjadi Menteri Sekretaris Kabinet dan Letjen (purn) TB Silalahi menjadi penasehat Presiden SBY adalah hal yang patut disyukuri dan ditiru. Di samping itu beberapa putra terbaik juga pernah memimpin Sumut yakni EWP Tambunan dan Rudolf Pardede Gubsu sekarang.

Tagor yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini mengatakan, melalui kegiatan itu dimohonkan agar Tuhan senantiasa memberi restu dan berkat kepada turunan Silahisabungan. Demikian generasi muda yakni kalangan pelajar senantiasa diberi akal sehat dan cerdas untuk dapat melanjutkan pembangunan bangsa.

John Mustafa Silalahi selaku unsur ketua pada kesempatan itu menerima spontanitas hadirin untuk memajukan Tagor Sinurat sebagai calon pemimpin Dairi ke depan. Tagor dinilai layak memimpin karena punya moral yang baik, pendidikan yang relevan, terbuka berkomunikasi dan diyakini mampu membawa perubahan yang diikuti pengayoman terhadap semua elemen, serta peduli terhadap kegiatan kerohanian.

Atas sambutan hangat sanak saudara dimaksud, Gading Muda Silalahi tokoh kharismaik dan pemerhati pendidikan ditemani raja-raja turpuk dan tokoh lainnya menyematkan “bulang-ulang” (pakaian kebesaran-red) ditambah pemberian ulos oleh marga Tampolon, Maha dan Bintang kepada Tagor Sinurat yang terlihat tak mampu menahan keharuan yang ditandai air mata yang hampir menetes. Tagor mengaku tersanjung menerima amanah itu.

Pada kesempatan itu, Tagor dan panitia acara menyerahkan beasiswa kepada seratusan siswa SD-SMP- SLTA yang meraih prestasi terbaik di sekolah masing-masing.
Jhonny Sitohang Wakil Bupati Dairi didampingi Dandim 0206/D Letkol Inf Zukriadi, menyampaikan apresiasi kepada tokoh marga yang mewujudkan kepedulian kepada pelajar dimana langkah tersebut amat membantu pemerintah di bidang pendidikan. Sebaiknya, terobosan ini juga diikuti marga-marga lain, ujar Johnny.

Kegiatan sehari itu berjalan penuh persaudaraan. Esron Kaloko pembawa acara dan Belman Tambunan SH yang juga Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang menerangkan, marga Silalahi adalah miniatur kebhinekaan dimana marga ini membaur dengan semua etnis dan bebas menganut agama sesuai kepercayaannya.

Merekapun manortor bersama saling menyembah dan memberi berkat kepada boru. Keturunan ini pun diingatkan pada sejarah hidup Raja Silahisabungan melalui pagelaran legenda “Poda sagu-sagu marlangan”.

Catt: Gambar di atas adalah gambar naskah Raja-raja Barus yang berisi sejarah Raja Barus dan Sisingamangaraja

PATIMPUS Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.