Our Blog

Armada Todak Kuasai Samudra

BPPT & PT. PAL MEMBUAT KAPAL PATROLI

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menjalin kerjasama dengan PT. PAL Indonesia dalam bidang pembuatan prototipe kapal Patroli Cepat (KPC) 14 meter untuk kebutuhan pengguna dalam negeri terutama untuk pengamanan laut. deputi Kepala Bidang teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa BPPT,Prof.Ir.Said D.Jenie,Sc.D.mengatakan BPPT,telah menjalin kerjasama dengan PT.PAL secara berkelanjutan, dimana prototipe kapal yang dirancang dimaksud kan untuk mengisi celah-celah pasar di dalam negeri.

Kebutuhan KPC untuk pengamanan perairan di wilayah Indonesia masih cukup besar antara lain digunakan Ditjen Bea Cukai,Polri serta perusahaan multinasional yang bergerak dibidang pengeboran minyak guna mengamankan anjungan. BPPT dalam melakukan pengembangan teknologi malalui kerjasama dengan Industri semacam PT.PAL diarahkan untuk menghasilkan produk yang marketable,meskipun upaya ini tidak mudah. Hal tersebut diungkapkan saat upacara penandatanganan naskah kerjasama antara BPPT dengan PT.PAL Indonesia di bidang pembuatan prototipe KPC 14 meter. Dikatakan lebih lanjut produk KPC yang dihasilkan industri galangan di dalam negeri cukup kompetitif menghadapi kapal sejenis buatan galangan internasional .

"Selain itu peluang untuk memasarkan KPC di dalan negeri cukup besar.Seperti dikatakan oleh Menristek/Ka.BPPT Ir. Hatta Rajasa yang menganjurkan agar penguna kapal sedapat mungkin memanfaatkan produk dalam negeri supaya industri padat teknologi mampumeningkatkan kemampuan.

Direktur Utama PT.PAL Dr.Edwin H.Suryohadiprojo,mengaku prototipe produk kapal yang dirancang dengan BPPT tidak otomatis memperoleh sambutan positif end user,meskipun perusahaan galangan domestik memiliki kemampuan yang setara dengan kompetitor dari mancanegera. Masalah peningkatan komersialisasi dari kerjasama rancang bangun produk berteknologi tinggi itu belum terealisasi sesuai tujuan BPPT dan PT.PAL. "Kalangan pemegang kebijakan dan end user didalam negeri masih perlu diyakinkan tentang pentingnya menggunakan produk dalam negeri.

PATIMPUS Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.