Our Blog

Indonesia Diserang, LPD Siap Dimobilisasi


Industri galangan kapal nasional PT PAL Indonesia, mulai membangun dua kapal perang Landing Platform Dock (LPD) atau jenis kapal yang dapat mengangkut personel maupun peralatan-peralatan tempur. Hal itu dinyatakan ketika dilakukannya pemotongan baja pertama (first steel cutting) dan peletakkan lunas pertama (keel laying) pesanan Departemen Pertahanan (Dephan) di Surabaya belum lama ini, sebagai realisasi order pembuatan dari manufacturing dan purchase contract PT PAL dengan Daewoo International Corporation pada 28 Maret 2005.

Pembuatan kapal LPD ke 3 dan 4 itu, diawali dengan penandatanganan Berita Acara dari Direktur Pengembangan (Dirbang) Usaha PT PAL Indonesia Ny. Kusumawati kepada Direktur Daewoo Mr. Sung Hun Lee yang kemudian dilanjutkan kepada Asisten Kasal bidang Logistik Laksda TNI Yoedoko, disaksikan oleh Kasal Laksamana TNI Slamet Soebijanto, Dirut PT PAL Indonesia Adwin Suryahadipraja serta Dirada Dephan Marsma TNI Muchtar Lubis yang mewakili Dirjen Ranahan Dephan.

“Dengan adanya pembangunan LPD di PT PAL Indonesia, maka akan mengurangi ketergantungan kita pada negara lain terhadap proses pengadaan KRI atau kapal perang di masa mendatang”, kata Kasal.

Sama halnya dengan dua kapal sejenis sebelumnya yang dibangun di Korea Selatan, kapal LPD ke 3 dan ke 4 yang diperuntukkan TNI AL tersebut, dirancang secara khusus untuk mampu dipasang meriam 100 mm dan dilengkapi dengan ruang CIC untuk sistem kendali senjata (fire control system), sebagai alat komunikasi dengan kapal-kapal jenis combatan untuk melindungi pendaratan pasukan dan kendaraan tempur serta pengendalian pendaratan helikopter.

Selain memiliki kemampuan mengangkut 507 personel, 13 ranpur, 5 helikopter dan dirancang menggunakan teknologi khusus stealth design atau tidak mudah ditangkap radar lawan, kedua kapal LPD buatan dalam negeri tersebut dapat digunakan untuk operasi militer selain perang, yakni operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

PATIMPUS Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.